6 Okt 2013

Tips mengatasi Statistik cmsF yang Error

warning timezone
Apa yang menyebabkan blok statistik web cmsF muncul pesan warning alias peringatan.? Anehnya sewaktu masih di lokalhos tidak muncul peringatan, sedangkan setelah di-online-kan keluar pesan Warning, seperti gambar di samping ini.

Tips ini saya posting karena saya baru saja mengalaminya, dan alhamdulillah telah teratasi setelah bertanya ke sana-kemari.  Dan untuk mengabadikan peristiwa tersebut agar tidak lupa maka saya tulis di sini.  Mungkin ada diantara pembaca sedang mengalami hal serupa, silahkan dicoba semoga berhasil.

Kemuculan Warning di salah satu blok yang ada kaitannya dengan waktu disebabkan karena seting waktu atau timezone di webserver tidak singkron dengan script php yang dipakai, maka muncullah pesan peringatan. Seperti kasus yang saya alami beberapa waktu lalu.  Menurut beberapa sumber hal tersebut dapat diatasi dengan menambah script untuk menyingkronkan timezone.
Caranya yaitu buka file statistik.php, yang letaknya di folder kontenweb/blok/statistik.php dan akan di dapat kode seperti ini :

<?php
              $ip      = $_SERVER['REMOTE_ADDR'];
              $tanggal = date("Ymd");
              $waktu   = time();
Tambahkan kode berikut ini:
date_default_timezone_set("Asia/Jakarta");
Setelah ditambahkan, scriptnya menjadi seperti ini:
<?php   
date_default_timezone_set("Asia/Jakarta");
              $ip      = $_SERVER['REMOTE_ADDR'];
              $tanggal = date("Ymd");
              $waktu   = time();

Sekarang lihat perubahannya, seperti gambar di samping ini, pesan warning telah lenyap dari pandangan mata.  Dan pengguna cms Formulasi pun bersorak-sorak bergembira atas keberhasilannya mengatasi Statistik Web yang Error.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar